Minggu, 18 November 2012

Tips Berkomunikasi pada Anak



Waktu acara open day sekolah anak kami, saya bertanya tentang konsep bilingual yang akan diterapkan di sekolah ini. Bunda Iyan menjelaskan,  bahwa bilingual yang diterapkan di sekolah ini dengan memberikan perintah-perintah sederhana (simple instruction) dalam bahasa inggris serta percakapan-percakapan yang  menggunakan bahasa tubuh.

Ditunjuklah salah seorang anak yang hadir di situ. Ceritanya anak itu membuang sampah sembarangan, lalu bunda Iyan menyuruhnya untuk membuang sampah di tempatnya. Sebelum mempraktekkannya, Bunda Iyan memberikan tips bagaimana cara berkomunikasi yang baik kepada anak:

1. Usahakan posisi badan kita sejajar dengan anak.
2. Terjadi eye contact/ kontak mata dengan anak.
3. Touching. Beri sentuhan dengan cara memeluknya atau memegang tangannya.
4. Saat memberi tahu dengan cara memberi contoh terlebih dahulu.
5. Berikan bahasa yang singkat dan mudah dipahami oleh anak.
6. Kata yang diucapkan harus jelas dan tidak terlalu cepat.
7. Lakukan sampai beberapa kali, hingga anak menjadi paham.

Kemudian setelah bunda Iyan memberikan tips kepada orang tua murid. Ia langsung mempraktekkannya.Badannya dibungkukkan sejajar dengan anak tersebut, sambil memeluknya.

"Nak...take... your.... rubbish.... (sambil memungut sampah). Lalu bunda Iyan menaruh lagi sampah itu di lantai. Kemudian ia mengatakan lagi dengan perlahan-lahan. "Take...your ....rubbish...and.... (sambil menggandeng tangan anak menuju ke tempat sampah) put...in...the...trash. (sambil membuang sampah ke tempat sampah). Bunda Iyan mempraktekkan hingga 2 kali.

Dari acara open day tersebut, saya mendapatkan ilmu bagaimana berkomunikasi yang baik kepada anak. Makasih bunda Iyan, atas masukannya kepada kami.

1 komentar:

  1. mymaphid - YouTube, photos, videos, photos
    video noob youtube youtube youtube mp4 youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube

    BalasHapus